Tentang Primagama Gatsu

Bimbingan belajar di Denpasar untuk SD – SMP – SMA. Sukses Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Nasional, Tes Potensi Akademik (TPA), SNMPTN & SBMPTN Perguruan Tinggi

Selamat Hari Raya Nyepi Caka 1936

Keluarga Besar Primagama Gatsu mengucapkan

Selamat Hari Raya Nyepi 

tahun caka 1936

Semoga mendapat terang dalam keheningan

 

SPANDUK NYEPI PRIMAGAMA

Seluruh kegiatan Primagama diliburkan (kantor tutup) 30 Maret – 1 April 2014.

Hari Selasa, 2 April 2014 kegiatan berjalan seperti biasa.

 

Apa saja perubahan SBMPTN 2014?

Berdasarkan website resmi SBMPTN 2014 http://www.sbmptn.or.id, tahun ini ada beberapa perubahan tata pelaksanaan SBMPTN dibandingkan tahun 2013 kemarin.

PERUBAHAN TAHUN 2013 TAHUN 2014
DURASI UJIAN DUA HARI SATU HARI
BIAYA SELEKSI SAINTEK/SOSHUM  175.000. , CAMPURAN : 200.000 100.000,- UNTUK PILIHAN APA SAJA (TERMASUK  UK)
JUMLAH PILIHAN PTN DAN PRODI DUA PTN, MAKSIMUM 6 PRODI, TIAP PTN MAKSIMUM 3 PRODI DUA PTN, MAKSIMUM 3 PRODI, TIAP PTN MAKSIMUM 2 PRODI
PENILIAIAN UJK OLAHRAGA TULIS : UJK = 50:50 TULIS : UJK = 40:60

Ujian dilaksanakan 1 hari saja yaitu 17 Juni 2014. Pengumuman 16 Juli 2014.

Ketentuan Umum dan Prasyarat

Baca lebih lanjut

Hasil Tryout Serentak 320 Kota Primagama di Gedung PWI Denpasar

Bagi kalian yang hari Minggu, 23/3 yang lalu telah mengikuti Tryout Serentak 320 Kota yang diselenggarakan oleh Primagama di Gedung PWI Denpasar, berikut adalah hasilnya:

Try Out Serentak 320 Kota HUT Primagama ke-32 Denpasar

Hari Minggu, 23/3, menjadikan daerah Jalan Gatot Subroto Lumintang Denpasar khususnya di Gedung PWI menjadi sangat ramai. Primagama se-Denpasar mengadakan acara TRYOUT SERENTAK 320 KOTA dalam rangka HUT PRIMAGAMA ke-32. Kegiatan ini juga sebagai upaya pemecahan rekor MURI sebagai tryout serentak dengan jumlah peserta terbanyak dan kota terbanyak. Karena acara ini tidak hanya di Denpasar, tapi juga beberapa kota lain di Indonesia.

Para peserta didominasi oleh siswa-siswa kelas 6 SD, 9 SMP dan 12 SMA IPA/IPS, berbondong-bondong datang. Karena terbatasnya daya tampung gedung, yang hanya 400 orang saja, sementara peserta membludak, akhirnya panitia membagi kegiatan ini menjadi 3 sesi. Walaupun cuaca semakin siang makin terik, tapi tidak menyurutkan niat para peserta untuk mengikuti tryout ini.

Setiap selesai sesi, CEREBROVIT sebagai sponsor utama, membagikan doorprize kepada para peserta. Ada handphone, goodie bag, dll. Begitu pula ada Indosat iM3, dan Hardys sebagai sponsor pendamping. Peserta menjadi bersemangat untuk mengikuti games yang dibawakan.

Tryout Serentak 320 Kota HUT Primagama ke-32

Registrasi Tryout Serentak 320 Kota HUT Primagama

Penuh Sesak Tryout Serentak Primagama

Bagi Hadiah Tryout Serentak Primagama

Foto-foto lain bisa dilihat di sini

Nilai rapot PDSS sudah diverifikasi, Pendaftaran sudah finalisasi, bisa ubah nilai gak?

Beberapa hari yang lalu, admin bertanya kepada halo.snmptn.ac.id karena banyaknya pertanyaan di blog ini yang menanyakan beberapa hal yang intinya sama:

  1. Saya belum finalisasi, tapi nilai rapot yang saya verifikasi ternyata ada yang salah, masih bisa diubah tidak ya data nilainya?
  2. Saya sudah finaliasi, tapi lihat ada nilai KKM yang ternyata terbali untuk mata pelajaran Biologi dan Kimia. Bisa gak ya dibah data PDSS dan batalin finalisasinya?
  3. Saya sudah finalisasi, udah download kartu peserta, tapi ada beberapa data saya yang salah, masih bisa dibatalkan ga finalisasinya?
  4. Saya sudah finalisasi, tapi ingin daftar bidik misi, bisa ga ya?

 

Akhirnya admin mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke pihak panitia,

Tanggal : 2014-03-04 09:49:39
Pengirim : #Admin Blog Primagama#
E-mail Pengirim : #emailadmin (at) yahoo (dot) com#

Pesan:

Adik saya, kelas 12 SMA IPA, sudah melakukan verifikasi nilai raport, tapi setelah dicek kembali ternyata ada nilai KKM dan nilai yg salah posisi. Biologi dan Kimia. Apakah masih bisa diubah data tersebut? Kalau bisa, bagaimana caranya?

Sekalian tanya, temannya yang sudah finalisasi, sudah dapat mengunduh kartu tanda peserta, ternyata baru menyadari jika nilai rapot yang dimasukkan ke PDSS salah seperti halnya adik saya. Apa yang harus dilakukan bagi teman adik saya ini
mohon bantuan. Terimakasih

 

Berikut jawaban dari pihak halo.snmptn.ac.id

Tanggal: 2014-03-04 15:29:41
Pengirim: VIVI

Pesan:

Kepada Yth. #Admin

Nilai yang sudah di verifikasi Tidak Dapat Diubah. Finalisasi dapat dibatalkan tetapi nilai tetap tidak dapat diubah.

Terima kasih telah menghubungi halo.snmptn.ac.id, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin bapak / ibu rasakan.

Operator Call Center

Jadi, nilai yang sudah diverrifikasi, apapun alasannya, TIDAK DAPAT DIUBAH. Tapi finalisasi masih dapat dibatalkan.

Untuk pertanyaan nomor 4, tentang pendaftaran BIDIK MISI, maka pendaftaran bidik misinya harus diselesaikan terlebih dahulu, baru kemudian, mengisi pendaftaran SNMPTN. Karena ada tahapan pendaftaran yang meminta memasukkan nomor dan password bidik misi.

Semoga membantu

 

Pesan Tempat / Reservasi tahun ajaran baru 2014-2015

Tahun ajaran baru 2014-2015, akan dimulai Juli 2014, tapi Primagama udah buka pendaftaran siswa baru lho.

Daftarnya mulai bulan Maret ini, start bimbingan 7 Juli 2014.

Ayo daftar sekarang juga! Masih ada diskon Rp300.000 buat yang daftar bulan ini. Segera hubungi Primagama Telp (0361) 411511, 411487 SMS 085 7378 16000 brosur reservasi Primagama 2014-2015

Jika sudah finalisasi SNMPTN 2014, apa data masih bisa diubah?

Jawabannya BISA.

Nah inilah informasi terbaru yang diunggah oleh panitia SNMPTN melalui website resminya http://www.snmptn.ac.id.

Karena sudah memasuki masa pendaftaran, mulai 17 Februari 2014 ini, maka panitia membuatkan manual atau tata cara mengisi data borang/formulir pendaftaran SNMPTN 2014 bagi para siswa.

Silakan download pdf cara pengisian borang >> SNMPTN-2014-manual-pendaftaran-Siswa

Cara/manual pengisian data pendaftaran tersebut juga sudah ada di http://www.snmptn.ac.id/manual/snmptn/siswa/ 

Bagian yang paling sering ditanyakan oleh peserta SNMPTN, sudah dijawab oleh panitia pada bagian paling bawah dari manual tersebut. Silakan dicermati.

Pertanyaan

  1. Bagaimana jika saya ingin membatalkan finalisasi pendaftaran karena ada data yang ingin saya ubah?
    Silakan menghubungi sekolah Anda untuk membatalkan finalisasi pendaftaran.
  2. Bagaimana jika saya ingin membatalkan pendaftaran SNMPTN saya?
    Jangan memfinalisasi pendaftaran jika Anda belum melakukan finalisasi.
    Jika pendaftaran sudah difinalisasi, silakan menghubungi sekolah Anda untuk membatalkan finalisasi.

Jadi, SEKOLAH mempunyai peran penting untuk dapat mengubah data siswa yang sudah difinalisasi.

Semoga bermanfaat

Update: Nilai yang sudah diverifikasi tidak dapat diubah lagi. cek disini

bannerfbwarrior468x60

Verifikasi Rapor dan Finalisasi Pendaftaran SNMPTN 2014

Sesuai dengan data jadwal yang ada di website resmi SNMPTN 2014, mulai tanggal 17 Februari hingga 31 Maret 2014 adalah masa pendaftaran SNMPTN 2014.

Penting untuk diperhatikan! Sebelum kamu meneruskan ke tahap pendaftaran pilihan prodi dan PTN, pastikan data nilai di PDSS yaitu KKM DAN NILAI. Pastikan benar-benar ya! Kalo ada yang BEDA atau SALAH input, SEGERA lapor ke pihak sekolahmu.

Kenapa penting banget untuk di cek? MASALAH akan muncul nanti, pada saat kamu lulus SNMPTN 2014. Kok bisa? Pada saat kamu melakukan pendaftaran ulang di PTN dimana kamu diterima SNMPTN, akan dilakukan pengecekan data yang ada di server PDSS/panitia SNMPTN dengan data asli rapor. Jika dari keduany ada yang berbeda, walau hal itu TIDAK DISENGAJA, tetap akan BAHAYA. SANKSI paling berat, ya kamu GUGUR. Kamu batal diterima di PTN tersebut karena dianggap melakukan kecurangan. Lebih jauh lagi, sekolah kamu bisa dicek, jangan-jangan semua siswa dari sekolah kamu dinaikin nilainya. Jika benar ditemukan, wah sanksinya lebih berat lagi pastinya.

Jadi, mohon sangat HATI-HATI dalam MENCOCOKKAN data PDSS dan rapor ya.

FINALISASI SNMPTN.

Nah, bagian ini yang agak berbeda dengan tahun lalu. Jika pada SNMPTN 2013 yang lalu, setelah siswa melakukan finalisasi, maka pihak sekolah perlu untuk melakukan finalisasi akhir agar data siswa bisa masuk ke dalam sistem seleksi SNMPTN.

Tahun ini, pada SNMPTN 2014, tugas sekolah untuk melakukan finalisasi akhir dihilangkan. Jadi, siswalah yang berperan penting dalam melakukan FINALISASI AKHIR. Begitu sudah selesai menginput data, pilihan prodi dan PTN, dan finaliasi, maka, TITIK. Data tidak bisa diubah lagi.

Makanya, pastikan dan mantapkan hati dalam melakukan pilihan prodi dan PTN. Jangan sampai, begitu selesai FINALISASI, eh.. salah nilai KKM, salah nilai rapor, salah urutan prodi, salah nama orang tua, dan salah-salah lain yang terlihat sepele tapi sangat FATAL akibatnya.

Ingat, masa pendaftaran dimulai hari ini hingga 31 Maret. Jadi masih ada waktu untuk berpikir dan menimbang. Semoga sukses

Oh ya, kalo daftar, atau finalisasi kalo bisa hindari H-1 dan hari H penutupan pendaftaran ya. Biasanya pada masa-masa itu adalah masa-masa super galau alias gawat. Semua ingin masuk ke server SNMPTN untuk mendaftar dan finalisasi. Tapi jika server tidak kuat, bisa jadi server malah down, ga bisa diakses. Jadilah karena kesalahan waktu itu, kamu tidak bisa masuk seleksi SNMPTN. Tips aja sih.. :)

UPDATE! Ternyata setelah finalisasi, jika ada kesalahan, atau mau membatalkan pendaftaran, masih bisa diubah kok. Cek disini

Update : Nilai raport yang sudah diverifikasi TIDAK DAPAT DIUBAH. Cek disini

Seperti apa SNMPTN dan SBMPTN 2014?

Berdasarkan berita yang dikumpulkan dari media online, bahwa untuk SNMPTN & SBMPTN 2014 ada beberapa poin penting yang perlu dicatat.

  1. Ada 3 jalur seleksi masuk PTN: SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri dengan komposisi 50 : 30 : 20
  2. Pengisian pangkalan data sekolah dan siswa mulai 6 Januari 2014. Pendaftaran SNMPTN dimulai pada 17 Februari-31 Maret 2014 dengan proses seleksi pada 1 April-26 Mei 2014. Pengumuman SNMPTN 27 Mei 2014.
  3. SBMPTN 2014 dilaksanakan 17 Juni 2014 dan pengumuman 16 Juli 2014. Biaya Rp100.000
  4. Biaya SNMPTN ditanggung pemerintah. Jadi SNMPTN 2014, GRATIS
  5. Biaya SBMPTN akan disubsidi oleh pemerintah. Besarannya hingga 50%
  6. Sekolah yang melakukan kecurangan pada tahun sebelumnya diberikan sanksi tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berjalan.
  7. Panitia SNMPTN akan mengusulkan kepada Dinas Pendidikan/Instansi yang berwenang untuk memberikan sanksi pemberhentian atau penggantian kepala sekolah.
  8. Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN, namun sekolah atau kepala sekolah asal siswa tidak diberi sanksi.
  9. Jika sekolah dan siswa terbukti melakukan rekayasa nilai rapor dan pihak sekolah mengambil keputusan dengan mencopot kepala sekolah, sanksi yang diberikan sekolah sebagai institusi akan dicabut
  10. SNMPTN tahun 2012 terindikasi 100 sekolah melakukan kecurangan. SNMPTN tahun 2013 naik menjadi 140 sekolah terindikasi curang
  11. Sistem penilaian seleksi SNMPTN menggunakan tiga indeks yakni siswa, sekolah dan wilayah. Indeks siswa dengan indikator, nilai rapor, kelengkapan nilai rapor, dan pencapaian nilai pelajaran dibanding kriteria ketuntasan minimal, nilai UN dan prestasi lainnya. Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya,
  12. Indeks sekolah dengan indikator nilai rata-rata UN, nilai SBMPTN alumninya, akreditasi sekolah, dan jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya.
  13. Kuota yang disediakan untuk mahasiswa baru melalui SNMPTN 150.000 kursi dan setiap PTN atau program studi minimal menyediakan 50 persen daya tampung untuk SNMPTN
  14. Pada penerimaan SNMPTN tahun ini, pemerintah tetap memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu dan dari daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Pemerintah menyediakan beasiswa Bidikmisi.

Pemantapan UN SMA 2014 Kota Denpasar Bali

Ujian Nasional SMA tahun 2014 sudah pasti akan dilaksanakan setelah pemilu tahun ini. Para siswa kelas XII sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi UN. Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan di Bali khususnya di Kota Denpasar juga membantu. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya kedua dinas tersebut akan melaksanakan uji coba / pemantapan Ujian Nasional 2014. Berikut jadwalnya:

  • 3 – 5 Februari 2014 : Pemantapan UN SMA 2014 Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  • 17 – 19 Februari 2014 : Pemantapan UN SMA 2014 Dinas Pendidikan Kota Denpasar
  • 14 – 16 April 2014 : Ujian nasional (UN) SMA 2014

Semoga dengan persiapan yang baik para siswa mendapat prestasi yang baik pula.

Jadwal Pemantapan UN SMP 2014 Provinsi Bali dan Kota Denpasar

Ujian Nasional SMP akan tetap dilaksanakan. Jadwal UN SMP 2014 telah ditetapkan oleh BSNP. SKL Ujian Nasional SMP tahun 2014 tetap sama dengan SKL UN tahun 2013 yang lalu.

bannerfbwarrior468x60

Jadwal penting untuk siswa kelas IX SMP di wilayah kota Denpasar, provinsi Bali

  • 24 – 27 Februari 2014 : Pemantapan Ujian Nasional dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  • 3 – 10 Maret 2014 : Ujian Sekolah SMP
  • 24 – 27 Maret 2014 : Pemantapan Ujian Nasional dari Dinas Pendidikan Kota Denpasar
  • 5 – 8 Mei 2014 : Ujian Nasional SMP

Bagi yang bingung mencari Standar Kompetensi Lulusan / SKL atau kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP tahun 2014 silakan download ditautan ini

[Komik] Strategi tembus SNMPTN 2014. Pintar saja tidak cukup!

komik strategi SNMPTN 2014

SNMPTN 2014 membutuhkan strategi yang tepat. Ibarat berperang, kita harus memiliki data target serangan. Bukan asal serang. Asal tembak. Jika menghadapi benteng kuat, sementara kita hanya bersenjata pistol, pastilah target tidak bisa dilumpuhkan.

Kenali “alat-alat perang” yang telah kamu miliki. Tentukan dan tetapkan target Prodi dan PTN sesuai dengan alat perang yang kamu miliki. Berdoa. Semoga diberikan yang terbaik.

Tryout PRA-UN SMA, SMP dan SD 2014, 16 – 21 Desember 2013

Tryout Pra - UN SD SMP SMA 2014

Hi Smarter’s, pastinya sedang siap-siap menerima raport semester 1 kan? Besok, 14 Desember 2014, kalian akan tau hasil belajar kalian selama 1 semester kemarin. Semoga nilainya bagus. Semoga lebih baik dari semester sebelumnya ya!

Nah, pas banget nih. Setelah terima raport, kalian pasti libur. 2 minggu lho. Daripada di rumah, tidak ada kegiatan, yuk ikutan acara Primagama. Acara apaan?

Tryout Pra-Ujian Nasional 2014. Buat siswa SD, SMP maupun SMA.

  • SMA : 16 – 21 Desember 2014 pkl 14.30 – 16.30
  • SMP : 16 – 19 Desember 2014 pkl 14.30 – 16.30
  • SD : 16 -  20 Desember 2014 pkl 14.30 – 16.30

Tiketnya murah kok, cuma Rp20.000,- untuk SMP dan SD, dan Rp30.000,0 untuk SMA. buat yang minat, segera deh datang ke Primagama Gatsu ya. Pendaftaran paling lambat besok, 14 Desember 2013.

Buat yang SD, SMP hasilnya akan disimulasikan dengan nilai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP / SMA Negeri di Kota Denpasar. Jadi kalian bisa ngukur kemampuan kalian saat milih sekolah nanti.

Siswa SMA, akan dibekali informasi terbaru SNMPTN dan SBMPTN 2014. Apa saja info terbaru yang penting untuk diperhatikan. Ada juga sharing dari kakak kelas, para alumni, tentang jurusan, PTN dan suasana anak kuliahan.

Ayo buruan daftarkan dirimu di Primagama Gatsu ya!

Kisi-kisi / SKL Ujian Nasional SMP, SMA, SMK 2014 BSNP

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 97 Tahun 2013 tentang standar kelulusan yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian nasional telah diterbitkan. Dalam Permen disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN tahun 2014 ditetapkan SAMA dengan SKL UN tahun 2013 sesuai dengan pasal 22 ayat 4.

Silakan download langsung melalui link di bawah ini

bannerfbwarrior468x60

Kisi Kisi / SKL UN SMP SMA SMK-PLB tahun 2014 sama dengan SKL UN 2013

Prosedur Operasi Standar POS UN SMP SMA SMK Tahun 2014

Bagi mereka yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional/UN, pastinya tidak akan lepas dari Prosedur Operasi Standar / POS.

POS diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Silakan download POS pada tautan di bawah ini.

POS UN SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2013-2014

Ujian Nasional SMP tahun 2014 ada perubahankah?

JADWAL UJIAN NASIONAL SMP 2014

Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP Tahun 2014:

  1. Senin, 5 Mei 2014 — Bahasa Indonesia
  2. Selasa, 6 Mei 2014 — Matematika
  3. Rabu, 7 Mei 2014 — Bahasa Inggris
  4. Kamis, 8 Mei 2014 — IPA

Jika dibandingan dengan UN tahun 2013 yang lalu, tidak ada perubahan pada waktu yang dialokasikan maupun jumlah pelajarannya.

UN SMK 2014: Kapan dan apa mata pelajarannya?

JADWAL UJIAN NASIONAL SMK 2014

Pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMK tahun 2014:

  1. Senin, 14 April 2014 — Bahasa Indonesia
  2. Selasa, 15 April 2014 — Matematika
  3. Rabu, 16 April 2014 — Bahasa Inggris

Waktu dan jumlah mata pelajaran yang di-UN-kan ternyata masih tetap sama.